Kolaborasi Brand Lokal Nevertoolavish dengan Sepatu asal Inggris, Perkuat Budaya Urban

KLIKNUSAE.com – Kemenparekraf mengapresiasi kolaborasi brand lokal Nevertoolavish (NTL) dengan brand sepatu asal Inggris, Clarks Original. Khususnya, dalam memperkenalkan budaya urban Jakarta.

Kolaborasi Nevertoolavish dengan Clarks Originals ini diterapkan pada sepatu ikonik The Wallabees Boot.

Clarks Wallabee sendiri merupakan salah satu sepatu ikonik dari koleksi Clarks Originals Series.

Lahir pada tahun 1967, Wallabee adalah sepatu Clarks yang paling banyak berkolaborasi dengan brand lain.

Pada koleksi ini, Nevertoolavish dan Clarks Originals mencoba memperkenalkan urban Jakarta, dengan mengusung tema The Commuters.

Yakni dengan diaplikasikan melalui outline peta Jakarta di bagian upper sepatu.

BACA JUGA: Kemenparekraf Ajak Mitra Co-Branding Perkuat Kolaborasi di 2023, Siapa Saja?

Tulisan “JAKARTA” di bagian belakang heel, dan tag aksesori tambahan ala graffiti di dekat tali untuk memperkuat kesan street art Nevertoolavish.

“Saya bangga banget karena teman-teman Nevertoolavish ini dari masa remaja hingga sekarang sudah berprestasi. Nevertoolavish ini merupakan konsep berwadahkan seniman street art,” kata Menparekraf Sandiaga Uno seperti dikutip Kliknusae.com dari laman resmi Kemenparekraf, Rabu 21 Desember 2022.

“Dan ini sudah dipakai Presiden Joko Widodo. Ia pernah dibuatkan desain peta Indonesia di jaket denimnya,” sambung Sandiaga terkait kolaborasi brand lokal Nevertoolavish ini.

Menparekraf mengatakan Kemenparekraf siap berkolaborasi dengan Nevertoolavish dalam mempromosikan 5 Destinasi Super Prioritas.

BACA JUGA: Bank Indonesia dan Dishub Jabar Kolaborasi Rancang Digitalisasi Bidang Transportasi

“Kalau dari saya konkret karena memang saya dan latar belakang saya pebisnis juga. Nevertoolavish ini sudah menorehkan prestasi dan pemerintah harus memberikan apresiasi,” ujarnya.

Tidak hanya itu, pihaknya juga akan membantu promosi sehingga  bagaimana terinstitusionalisasi menuju ke sebuah brand yang berkelas dunia.

“Dan don’t worry bro pemerintah di belakang kalian,” tegas Sandiaga.

Sementara itu, Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Made Ayu Marthini, menyampaikan rasa kagumnya pada karya Nevertoolavish yang berkolaborasi dengan Clarks.

BACA JUGA: Sandiaga Apresiasi Pameran Sneakers Brand Lokal Dorong Pemilihan Ekonomi

Ia berharap Nevertoolavish juga dapat menggelorakan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI), sehingga produk-produk ekonomi kreatif dan UMKM Indonesia dapat mendunia.

“Kami punya gerakan namanya Gernas BBI. Kami ingin ini digelorakan melalui kolaborasi Nevertoolavish dengan komunitas. Sehingga betul-betul orang Indonesia itu bangga, tidak ragu-ragu lagi, sudah kreatif, keren, kuat, dan good value for money,” kata Made Ayu.

Pada bagian lain, Creative Director Nevertoolavish, Adwiya Pascahaja, mengatakan tidak menyangka Nevertoolavish bisa berkolaborasi dengan brand internasional.

Ia berharap kolaborasinya dengan Clarks bisa disukai dan diterima di dunia.

BACA JUGA: Menkominfo Ajak Pentahelix Kolaborasi Bangun Pariwisata Holistik

“Kalau untuk berkolaborasi dengan Clarks kami juga seperti mendapatkan durian runtuh. Karena memang strategi kami adalah untuk bisa berkolaborasi bukan cuma dengan teman-teman lokal yang hebat-hebat,” ungkapnya.

Namun pihaknya juga mengincar brand luar yang sudah banyak dikenal orang secara global.

“Tujuannya tentunya supaya bisa naik kelas secara jangkauan market dan industri itu sendiri. Clarks adalah salah satunya. Kita ngobrol, 1 frekuensi, dan alhamdulillah bisa kolaborasi bareng,” kata Adwiya.

Adwiya juga berkeinginan bisa berkolaborasi dengan Kemenparekraf dalam mengenalkan dan mempromosikan destinasi wisata dan produk ekonomi kreatif Indonesia.  ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya