Pesta Rakyat Kota Bekasi, Hadirkan Bazar Produk Kreatif UMKM

KLIKNUSAE.com – Event Pesta Rakyat Kota Bekasi, Jawa Barat yang berlangsung hingga Minggu 21 Agustus mendatang menghadirkan berbagai produk kreatif dari pelaku UMKM.

Bazar yang dibuka Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno, Kamis lalu itu diharapkan mampu mendorong pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif di Kota Bekasi untuk menggiatkan penyelenggaraan event.

Dimana, pada unjungnya nanti bisa kebangkitan ekonomi dan terciptanya kesempatan kerja di kalangan masyarakat.

Pesta Rakyat Kota Bekasi yang berlangsung di Bekasi Junction tersebut  Kota Bekasi ini merupajan event yang diinisiasi komunitas Jaringan Wanita Nusantara (Jawara.

BACA JUGA: Destinasi Wisata Zona Hijau Lahir Dari Bekasi, DPRD Ikut Siapkan Perda

"Kegiatan seperti ini akan sangat berdampak kepada masyarakat karena ekonomi bergerak. Peluang penciptaan usaha dan lapangan kerja juga terbentuk. Saya mengapresiasi kehadiran pesta rakyat bersama Jawara," kata Menparekraf Sandiaga Uno.

Dalam situasi pandemi COVID-19 yang belum sepenuhnya pulih, saat ini Indonesia dan negara-negara dunia sedang beradapam dengan tantangan ekonomi global.

Antisiasi Krisis Pangan Akibat Perang Rusia-Ukraina

Harga-harga bahan pokok diperkirakan akan naik akibat perang Rusia-Ukraina sehingga menyebabkan krisis pangan, krisis energi, dan krisis keuangan yang menjadi semakin tidak terhindarkan.

"Secara total inflasi itu (diperkirakan) 10 persen naiknya, kita harus waspada, kita harus mulai mengantisipasi inflasi," kata Sandiaga.

BACA JUGA: Delegasi G20 Optimis Bisa Tingkatkan Kunjungan Wisatawan ke Belitung

Karenanya ia mendorong pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif khususnya di Kota Bekasi agar dapat meningkatkan inovasi, adaptasi, dan kolaborasi dengan semangat gerak cepat (gercep), gerak bersama (geber), dan garap semua potensi lapangan kerja (gaspol).

Salah satunya dengan menghadirkan event-event yang melibatkan pelaku khususnya UMKM.

"Harapannya kita semua bangkit. Caranya dengan menguatkan ekonomi dari masyarakat, kegiatan event seperti ini akan sangat berdampak karena ekonomi bergerak. Kita harus kompak kita enggak boleh terpecah-belah," kata Sandiaga.

Dengan kolaborasi yang kuat ia berharap target penciptaan 1,1 juta lapangan kerja baru di tahun ini dan 4,4 juta lapangan kerja baru di tahun 2024 dapat terwujud.

BACA JUGA: Pelaku Ekonomi Kreatif Didorong agar Lebih Berdaya Saing, Ini Saran Sandiaga

Ekonomi Bekasi Tumbuh 4,2 Persen

Plt. Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto, menyampaikan apresiasi atas dukungan Kemenparekraf dalam penyelenggaraan "Pesta Rakyat Kota Bekasi" yang diharapkan dapat mendorong bangkit dan tumbuhnya ekonomi di Kota Bekasi.

Ia mengungkapkan, saat ini ekonomi di Kota Bekasi sudah mulai tumbuh positif antara 3,8 sampai 4,2 persen. Namun jumlah tersebut masih di bawah angka pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 3,4 persen.

"PR (pekerjaan rumah) ini tidak mungkin terselesaikan sendiri oleh pemerintah (kota). Tapi harus ada pihak lain termasuk Jawara yang ikut serta membangun Kota Bekasi menggerakkan ekonomi. Tidak hanya sebagai masyarakat konsumtif, tapi juga mulai berpikir produktif," kata Tri Adhianto.

BACA JUGA: Sandiaga Dorong Susi Air Jambore Aviation Bisa Masuk KEN, Bagaimana Pak Bupati ?

Pemerintah Kota Bekasi, lanjut Tri Adhianto, berupaya menjadikan pariwisata dan ekonomi kreatif sebagai salah satu sektor andalan.

Pemkot Bekasi akan terus mengembangkan destinasi-destinasi pariwisata dan sentra ekonomi kreatif. Seperti Kampung Bali, Kampung Pancasila, dan lainnya.

"Kami akan kembangkan, termasuk kami akan menghadirkan Kampung Pecinan yang akan dimulai dari Bekasi Junction. Kita harapkan nantinya agar menjadi destinasi tematik yang luar biasa," kata Tri Adhianto.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Direktur Event Daerah Kemenparekraf/Baparekraf, Reza Fahlevi; Direktur Pemasaran Ekonomi Kreatif Kemenparekraf/Baparekraf, Yuana Rochma Astuti; serta Ketua Umum Jawara (Jaringan Wanita Nusantara), Aini Kartaatmaja. ***

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya