Produk UMKM Masuk Hotel akan Mendorong Lapangan Pekerjaan Baru

KLIKNUSAE.com – Produk UMKM masuk hotel diharapkan makin mengairahkan pelaku usaha lebih kreatif dalam melahirkan produk-produk berkualitas.

Disamping itu, semakin banyak kerjasama yang dijalin dengan industri perhotelan akan mendorong tumbuhnya lapangan kerja baru.

"Ini adalah tatanan ekonomi baru di mana kita bekerja sama secara 360 derajat. Jadi kita bisa melihat di mana hotel-hotel berbintang bisa mengakomodir produk-produk UMKM,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno dalam acara penandatangan MoU antara Kemenparekraf dan Accor Group, Selasa 5 April 2022.

BACA JUGA: Kota Seberang Didorong Menjadi Wisata Religi, Sandiaga Urung Rembuk

Sandiaga menyebutkan, dengan kesepahaman ini diharapkan akan semakin mendorong percepatan pemulihan ekonomi.

“Selain itu lewat kerja sama ini diharapkan dapat membuka peluang usaha dan lapangan kerja," tambahnya.

Kedepan, akan ditindaklanjuti terkait penggunaan dan pemasaran produk ekonomi kreatif UMKM lokal di hotel-hotel yang berada di bawah manajemen Accor Group.

Fesyen dan Kuliner UMKM Masuk Hotel

Penandatanganan dilaksanakan di Gedung Sapta Pesona, oleh Sesmenparekraf yang juga menjabat Plt. Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf Ni Wayan Giri Adnyani dengan CEO Accor Southeast Asia, Japan & South Korea, Garth Simmons.

Penandatangan disaksikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif  Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahuddin Uno.

BACA JUGA: Kadin Sebut Anggaran PEN Sudah Rasional, Bisa Membantu UMKM

"Jadi produk-produk UMKM terutama produk subsektor fesyen dan kuliner dapat dipasarkan dan ditampilkan di hotel-hotel Accor Group. Selain itu, seragam-seragam pegawai hotel Accor Group akan didesain oleh desainer lokal," kata Sandiaga.

Penandatanganan ini, lanjut Sandiaga, merupakan bentuk inovasi, adaptasi, dan kolaborasi yang baru antara Kemenparekraf dan pelaku usaha.

Nantinya, produk-produk UMKM dapat ditampilkan dan dipasarkan di hotel-hotel berbintang yang ada di bawah naungan Accor Group.

BACA JUGA: Peran Wanita UMKM Bali Patut Diapresiasi, Ini Kata Sandiaga Uno

“Dengan penandatanganan ini ada banyak peluang kerja sama yang dapat dilaksanakan oleh Kemenparekraf dengan Accor Group terkait pengembangan sektor parekraf di Tanah Air,” ujarnya.

Terutama dalam hal peningkatan SDM mahasiswa enam Poltekpar yang ada di bawah naungan Kemenparekraf.

"Ada banyak sekali yang bisa kita kerja samakan misalnya pertukaran data dan informasi, peningkatan SDM, dan juga fasilitasi akses pembiayaan. Ini adalah akselerasi bangkitnya ekonomi kreatif," ujar Sandiaga.

Accor Group Dukungan Pengembangan Sektor Parekraf

Sementara itu, Garth Simmons menyambut baik penandatanganan MoU ini untuk meningkatkan kerja sama Accor Group dengan pemerintah Indonesia terkait pengembangan sektor parekraf.

BACA JUGA: Ini Hotel Tempat Menginap Juara MotoGP Mandalika, Resort yang Menawan

 "Saya harap lewat penandatanganan ini kita bersama-sama bisa mengembangkan sektor parekraf di Indonesia ke arah yang lebih baik," ungkap Garth terkait produk UMKM masuk hotel.

Hadiri diacara tersebut Deputi Bidang Industri dan Investasi Kemenparekraf Henky Hotma Parlindungan Manurung; Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Kemenparekraf Rizki Handayani;

Juga hadir Staf Ahli Menparekraf Bidang Reformasi Birokrasi dan Regulasi R. Kurleni Ukar; serta Staf Khusus Menparekraf Bidang Akuntabilitas, Pengawasan, Reformasi, dan Birokrasi Irjen Pol Krisnandi; serta sejumlah pejabat Eselon 2 di lingkungan Kemenparekraf. ***

Share this Post:

Berita Terkait