6 Pilihan Olahraga yang Pas Selama Social Distancing

Kliknusae.com - Kondisi terakhir Indonesia telah memasuki kondisi darurat pandemi Virus Corona (Covid-19), sehingga pemerintah mengimbau masyarakat untuk melakukan social distancing. Berbagai kegiatan berinteraksi sosial dikurangi dan dibatasi, dan masyarakat diimbau untuk berdiam diri di rumah.

Bagi beberapa orang yang biasa beraktivitas di luar rumah, kondisi tersebut mungkin akan menjenuhkan. Kadang bisa membuat tubuh lelah karena hanya berdiam diri di rumah. Nah untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit, Anda bisa memilih kegiatan olahraga yang pas dilakukan di lingkungan rumah.

Olahraga di rumah merupakan pilihan paling bijak untuk menjaga kebugaran tubuh dan menghilangkan stress. Selain itu, olahraga di rumah juga bisa menjadi salah satu upaya social distancing, agar rantai penyebaran virus corona bisa terputus.

Berikut ini ada enam (6) pilihan olahraga mudah dan murah yang dilakukan di dalam rumah atau di lingkungan sekitar rumah Anda.

Yoga

Yoga merupakan salah satu pilihan olahraga yang bisa dilakukan di rumah. Namun, kita harus memilih gerakan yang tak terlalu rumit. Hal ini untuk menghindari risiko cedera karena tak ada pelatih yang mengawasi. Cukup lakukan beberapa gerakan yoga yang simpel atau yang sudah pernah dipelajari sendiri. Melakukan yoga sederhana juga dapat menjadi solusi untuk tetap sehat. Beberapa gerakan sederhana yang bisa dicoba di rumah, antara lain tree pose, cat-cow, dan mountain pose.

Selain bermanfaat untuk kesehatan fisik, yoga juga bagus untuk kesehatan mental. Ada juga manfaat lainnya, seperti menjaga metabolisme tubuh, meningkatkan pernapasan,  dan mencegah stress serta meningkatkan rasa damai dalam pikiran yang mungkin sedang penat. Apalagi yang sekarang sedang merasa takut dan cemas akan virus corona, melatih kemampuan yoga di rumah bisa menjadi obatnya.

Joging

Pilihan olahraga lainnya yang juga simpel dilakukan yakni joging. Jika biasanya dilakukan di sarana olahraga publik, kali ini bisa dilakukan di sekitaran komplek atau taman dekat rumah. Namun jika masih khawatir karena dalam situasi wabah corona, bisa memilih berlari-lari kecil bolak-balik di area halaman rumah atau menggunakan treadmill. Manfaatnya pun tak jauh berbeda.

Aerobik

Pilihan olahraga seperti aerobik atau zumba memang lebih menyenangkan kalau dilakukan beramai-ramai saat berada di tempat latihan. Tetapi, bukan berarti olahraga ini tidak bisa dilakukan di rumah, apalagi di saat melakukan isolasi mandiri. Ya, Anda masih tetap dapat melakukannya dengan bantuan alat-alat sederhana, seperti pemutar musik.

Dengan pemutar musik tersebut, seperti tv atau gawai, kita bisa memutar lagu dan panduan aerobik. Sehingga tetap menyenangkan dan semangat dengan suasana yang mirip dengan di tempat latihan. Lakukan olahraga ini kurang lebih selama 30 menit tiap sore hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Olahraga Kardio

Kegiatan olahraga kardio telah lama dikenal efektif untuk menurunkan berat badan, menjaga sistem kekebalan tubuh, dan melindungi jantung dari berbagai gangguan. Salah satu kelebihannya, yaitu bisa dilakukan di rumah tanpa peralatan. Beberapa jenis gerakan yang bisa dicoba adalah high knees yaitu gerakan yang dilakukan dengan menggerakkan otot utama pada bagian paha dan betis pada kecepatan tertentu, atau burpee, yaitu olah gerak keseluruhan tubuh.

Gerakan Burpee terdiri atas gerak jongkok (squat), tendang kedua kaki ke belakang (kick feet back), push-up, kembali melakukan squat (ke posisi jongkok), dan terakhir berdiri sambil berloncat. Jika lima gerakan tersebut dilakukan dengan benar, seluruh tubuh akan bergerak dan esensi olahraga benar-benar dilakukan.

Lompat Tali

Olahraga yang satu ini bisa jadi solusi bagi kamu yang ingin sesuatu yang mudah dan simpel. Skipping atau lompat tali bisa dilakukan di dalam rumah, tetapi tetap bisa membuat kamu berkeringat dan meregangkan otot. Lakukan olahraga ini setelah melakukan peregangan yang benar. Jika kuat, kamu bisa melakukannya 15 sampai 20 menit per hari.

Menari

Jika masih belum pas dengan pilihan olahraga di atas, kita bisa mencoba menari. Cukup putar musik favorit Anda sebagai pengiring, dan lakukan beberapa gerakan sederhana yang membuat seluruh anggota tubuh bergerak. Meski tidak seserius olahraga lainnya, menari bisa jadi solusi lain untuk tetap bergerak dan hidup sehat saat berada di rumah.

Nah itulah 6 pilihan olahraga yang dapat dilakukan di rumah, selama social distancing pada masa darurat virus corona (Covid-19). Jangan lupa untuk selalu melakukan pemanasan sebelum berolahraga apapun dan minum air putih yang cukup agar tubuh terhidrasi dengan baik.***(IG/Sumber: halodoc.com)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya