Berikut Spot Diving dan Snorkeling Favorit di Karimunjawa

Kliknusae.com - Karimunjawa merupakan kepulauan di Laut Jawa yang termasuk wilayah Kabupaten Jepara, Jawa Tengah. Berada di sebelah utara Pulau Jawa, Karimunjawa terdiri dari beberapa gugusan pulau-pulau indah dengan pasir putih.

Perairan sekitar pulau-pulau di Karimunjawa juga mempunyai keindahan alam bawah laut yang luar biasa, bahkan boleh dibilang sebagai surganya para pecinta olahraga air, seperti diving dan snorkeling.

Beberapa spot diving di sana mempunyai karakteristik alam bawah laut yang berbeda-beda dan unik, seperti Taka Sendok, Menjangan Kecil, Cemara, dan spot diving lainnya. Bagi yang ingin mencobanya, bisa menggunakan jasa operator lokal dengan menyewa perahu dari pelabuhan Karimunjawa.

Berikut ini spot-spot wisata air yang menjadi tempat favorit aktivitas diving dan snorkeling di Karimunjawa yang dilansir laman Pesona Indonesia.

Menjangan Kecil

Sebuah pulau yang terletak di sebelah barat Pulau Karimunjawa. Pulau ini merupakan salah satu lokasi diving yang ramai dan sudah dikenal di kalangan wisatawan. Terumbu karang di sekitar perairan ini cukup banyak, beberapa lokasi sebagai tempat penangkaran hiu yang menjadi daya tarik tersendiri. Selain penangkaran hiu, di Menjangan Kecil juga terdapat jenis ikan Nemo.

Pulau Cemara

Pulau Cemara di perairan Karimunjawa terbagi dua, ada Cemara Besar dan Cemara Kecil. Kedua pulau ini terkenal dengan keindahan bawah lautnya. Keindahan terumbu karangnya juga tidak kalah cantik dengan keindahan terumbu karang yang berada di pulau-pulau lainnya. Lokasinya memang agak jauh dari Pulau Karimunjawa, namun semuanya akan terbayar saat datang dan menikmati suasana keindahan bawah laut sekitar Pulau Cemara yang sunyi dan masih sangat asri.

Pulau Cilik

Pulau Cilik juga termasuk pulau yang menawarkan keindahan bawah laut. 'Cilik' berarti kecil dalam Bahasa Indonesia. Pulau ini bisa ditempuh sekitar 30 menit ke arah barat menggunakan perahu dari pulau utama Karimunjawa. Pulau Cilik memiliki terumbu karang yang besar-besar dan hampir tidak pernah tersentuh manusia, sehingga masih terjaga kelestariannya.

Pulau Tengah

Pulau Tengah salah satu spot yang wajib dikunjungi para pecinta diving. Tempat ini memiliki hard coral dan sea anemone yang begitu memukau. Sehingga tak heran jika di daerah tersebut banyak ditemukan ikan-ikan laut lucu, seperti clown fish yang sering terlihat bermain di perairan ini. Untuk berkunjung ke Pulau Tengah, dibutuhkan waktu tempuh sekitar  15 menit dari Pulau Cilik.***(IG)

Share this Post:

Berita Terkait

Berita Lainnya