Bandung Kota Pertama Launching Calendar of Event 2020

Kliknusae.com - Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung meluncurkan "Bandung Calendar Of Event (CoE) 2020". Acara berlangsung di Bandara Internasional Husein Sastranegara, Jumat petang (18/10/19).

Peluncuran dilakukan Wali Kota Bandung, Oded M. Danial didampingi Wakil Wali Kota Bandung Yana Mulyana, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kota Bandung, Dewi Kaniasari, Asisten Deputi Pengembangan Pemasaran l Regional ll Kementerian Pariwisata (Kemenpar), Fahmizal, Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema, Dandim 0618 BS Kolonel Inf Hery Subagyo, Danlanud Husein Sastranegara Kolonel Pnb Bonang Bayuaji. Ditandai dengan pemukulan alat musik drum secara bersama-sama.

Acara juga turut dihadiri para pelaku usaha pariwisata di Kota Bandung, asosiasi pariwisata, dan sejumlah komunitas mobil, motor, dan sepeda onthel, serta para undangan lainnya.

Dalam Bandung CoE 2020 tersebut, tercatat 70 event termasuk Top 10 Event yang akan digelar sepanjang tahun 2020. Di antaranya Asia Africa Festival, Pasar Seni ITB, Bandung International Art Festival, Bandung Run, Bandung Fashion Weeks, World Tourism Day Festival, dan lainnya.

Menteri Pariwisata Arief Yahya yang direncanakan hadir namun batal karena ada tugas lain menyampaikan pernyataan testimoni atas peluncuran Bandung CoE 2020 melalui rekaman video testimoni.

"Kota Bandung itu termasuk salah satu destinasi utama Indonesia. Dengan peluncuran ini, menjadi berkesan karena menjadi kota pertama yang me-launching Calendar of Event. Semoga semakin unggul dalam ekonomi kreatif, kebudayaan dan pariwisata. Hal ini juga patut ditiru oleh daerah lain. Terakhir saya ucapkan selamat atas peluncuran Calendar of Event Kota Bandung 2020," tutur Arief.

Sejalan dengan Menpar, Asdep Pengembangan Pemasaran l Regional ll, Kemenpar RI, Fahmizal dalam sambutannya mengatakan, Kota Bandung sebagai kota pertama di Indonesia yang meluncurkan Calendar Of Event 2020. Ia yakin, Bandung mampu mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan.

"Kita harus manfaatkan kalender ini. Tahun 2018 ada 30 event di Kota Bandung dan menarik 155 ribu wisatawan asing. Mudah-mudahan dengan jumlah event 70 atau dua kali lipat dari sebelumnya dapat menambah dua kali lipat juga jumlah wisatawan untuk tahun depan," ungkapnya.

Sementara itu Wali Kota Bandung, Oded M. Danial yang akrab disapa Mang Oded ini mengungkapkan, Calendar Of Event menjadi sarana promosi efektif bagi wisatawan yang berkunjung ke Kota Bandung.

"Bangunan heritage dan kuliner telah menjadikan Kota Bandung sebagai tujuan wisata. Saya yakin, peluncuran kalender acara ini menjadi catatan bagi para pelancong yang akan berkunjung sekaligus liburan ke Kota Bandung," ujarnya.

Mang Oded juga berharap dukungan dari semua pihak mampu mengamankan potensi pariwisata di Kota Bandung. Mulai dari Kementerian Pariwisata, agen tour sampai masyarakat. Hal ini agar bisa menjadikan Kota Bandung lebih juara lagi.

Terkait hal ini, Kadisbudpar Kota Bandung Dewi Kaniasari pun memastikan, setiap bulan Kota Bandung memiliki acara yang menjadi daya tarik bagi wisatawan.

"Bandung sebagai kota pertama yang meluncurkan Calendar Of Event. Artinya Bandung siap untuk menyuguhkan kegiatan yang baik," ucap Kenny sapaan akrabnya.

Dengan banyaknya acara di Kota Bandung, lanjut Kenny, jumlah wisatawan pun akan bertambah. Efeknya, tempat istirahat seperti hotel dan sebagainya akan ramai pengunjung. Ia juga mendorong masyarakat yang wilayahnya menjadi lokasi destinasi wisata agar mengembangkan homestay.

"Menurut data dari Kemenpar kunjungan ke Kota Bandung itu tahun lalu sekitar 150.000 orang. Kita targetkan tahun depan dua kali lipatnya," harapnya.*** (IG)

 

Share this Post:

Berita Terkait