Saung Udjo Kembali Akan Tampil Di "Kampung Indonesia" Swedia

Klik nusae - Tim kesenian dan kebudayaan Jawa Barat yang membawakan musik angklung Saung Udjo kembali akan menghibur masyarakat Eropa. Ini kali ke-3 musik tradisional Jawa Barat hadir dihadapan warga Kerajaan Swedia dalam misi kebudayaan.

"Persiapannya  sudah matang. Rencananya ada 10 orang dari Saung Udjo yang akan berangkat ke Swedia dalam rangka mengikuti Festival Kampung Indonesia yang setiap tahun diselenggarakan di Stockholm," kata CEO Saung Angklung Udjo, Taufik Hidayat Udjo yang dihubungi Klik nusae,Sabtu (13/7/2019).

Menurut Kang Opik-begitu sapaan pria penerus Saung Udjo, setiap tahun pada bulan Juli Kampung Indonesia di Stockholm menampilkan aneka ragam kebudayaan Indonesia. Tahun lalu, yang berangkat dari Boyolali, Jawa Tengah.

"Mereka yang tampil adalah anak-anak SMA terpilih. Walikotanya memang sangat concern dengan event ini sehingga setiap tahun selalu berusaha untuk mengirimkan wakilnya di festival tersebut," kata Opik.

Sementara keikutsertaan Saung Udjo dalam event tersebut atas undangan khusus dari Kedutaan Swedia.

Misi kebudayaan ini juga kemudian didukung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil yang rencananya akan ikut dalam acara tersebut.

Baca Juga: Begini Cara Masyarakat Kuningan Lestarikan Angklung

"Kami mendapat undangan khusus dari kedutaan untuk bisa tampil di Kampung Indonesia tahun ini. Alhamdulillah, Saung Udjo ternyata selalu terpakai untuk membawakan lagu-lagu nusantara," lanjut Opik.

Sebelumnya Duta Besar Indonesia untuk Kerajaan Swedia dan Republik Latvia Bagas Hapsoro bermain musik di Saung Udjo Jalan Padasuka, Kota Bandung, Kamis (11/7/2019).

Bagas berkolaborasi dengan seniman Saung Angklung Udjo dan budayawan Budi Dalton.

Dalam kesempatan itu, Bagas membawakan dua  lagu berjudul "Mama Mia dan Dancing Queen" milik grup kenamaan ABBA.

Sang Dubes tampak tidak canggung memainkan keyboard dan begitu menikmati alunan musik bambu dan tetabuhan tradisional khas Jawa Barat yang mengiringinya.

Kolaborasi ini merupakan persiapan untuk tampil dalam pentas seni budaya Indonesia di Stockholm, Swedia, pada 26 Juli 2019 mendatang.

Tim kesenian dan budaya dari Jawa Barat Orokaya "The Rhytm Of Sunda" yang dipimpin budayawan Budi Dalton Bersama Saung angklung Udjo  akan menghibur masyarakat Eropa mewakili Jawa Barat .

Menurut Bagas, rencana tim budaya asal Bandung ini pentas dalam acara tahunan di Swedia sudah lama.

Kemasannya untuk menumbuhkan perhatian masyarakat Swedia tehadap budaya Indonesia.

Baca Juga: Pesona Jawa Barat Hadir di CFD Jakarta Minggu Ini

"Indonesia memiliki budaya yang beragam mulai dari musik tradisi, makanan, seni yang bisa diangkat ke dunia internasional," kata Bagas.

Bagas menambahkan, upaya menarik minat wisatawan Swedia mutlak diperlukan. Pasalnya turis Swedia termasuk royal dalam belanja.

"Setiap satu orang turis asal Swedia datang berlibur ke Indonesia, biasanya menghabiskan uang sekitar 1.500 dollar Amerika. Itu pun di luar tiket dan akomodasi," jelasnya.

Budi Dalton bersama Orokaya "The Rhytm Of Sunda" yang akan tampil di depan masyarakat Swedia menuturkan, dirinya sangat antusias bisa menampikan musik khas grupnya di Stockholm nanti.

Apalagi akan berkolaborasi dengan Saung Angklung Udjo.

"Tidak ada kesulitan berarti dalam persiapan ini karena kedua tim budaya memiliki semangat yang sama yakni membawa nama Jawa Barat di Swedia," ujarnya.

Dengan tampilnya Orokaya "The Rhytm Of Sunda" di Swedia, sekaligus menepis pemberitaan negatif negara Eropa tentang Indonesia.

Selain itu, sisi kreatifitas dan budaya khas Indonesia tidak dimiliki negara lain.

Masih kata Opik,misi kebudayaan ini diharapkan bisa makin memperkenalkan ragam kesenian yang ada di Indonesia,khususnya Jawa Barat sebagai tanah kelahiran Musik Angklung.

(adh)

Share this Post:

Berita Terkait